Jelas sudah sosok motor misterius calon andalan Honda ini masbro sekalian. Kembali media dapurpacu.com memperlihatkan tampang motor yang akrab disebut Honda teralis ini. Ternyata motor sport anyar Honda ini bernama resmi Honda CB150R StreetFire. Kabarnya akan diperkenalkan hari ini (31/10/2012). Ya, seperti yang sudah mas bro dan mbak sis ketahui di gambar jelas terlihat sosok Honda CB150R StreetFire memakai rangka pipa dengan konstruksi gaya diagonal.
Disetting sebagai lawan Yamaha New V-ixion 2013 sejatinya CB150R StreetFire tidaklah dapat dibandingkan. Beberapa hal dasar karena beda konstruksi rangka yang dianut keduanya, beda tipe mesin (V-ixion mesin SOHC, CB150R mesin DOHC). Rangka teralis memang tidak bisa begitu saja disamakan dengan deltabox yang dipakai pada Yamaha V-Ixion. Untuk urusan kekakuan dan keseimbangan manuver, konstruksi deltabox jelas lebih baik. Namun rangka model tralis yang dipakai untuk CB150R memiliki keuntungan pada gaya lentur. Rangka jenis ini juga sesuai untuk sepeda motor touring karena ringan dan tidak menghantarkan banyak getaran ke pengendara. Model jok Honda CB150R StreetFire juga menguatkan itu sehingga tak bisa disebut jok motor sport murni.
Beralih ke bagian tangki, sepertinya tangki Honda CB150R StreetFire tidak seseksi punya Yamaha New V-Ixion 2013. Belum lagi tutup tangki masih mengusung model konvensional. Ini tidak seperti Yamaha New V-Ixion yang telah bergaya racing layaknya sport tulen. Pindah ke bagian buritan terlihat grip pegangan masih pula menerapkan gaya konvensional lain hal pada Yamaha New V-Ixion 2013. Disisi lain kedua motor sport ini sama-sama mengaplikasikan rem cakram baik di depan maupun dibelakang.
Hal lain yang mungkin akan dianggap nilai plus sebagian konsumen adalah dicangkokkannya stater engkol pada CB150R StreetFire sementara Yamaha New V-Ixion tak lagi pakai. Oops...ada yang menarik di bagian bawah kolong mesin. Yup, ada engine guard alias pelindung mesin, tapi jangan seneng dulu karena kabarnya itu hanya bersifat opsional.
Urusan mesin klaim AHM memakai basis mesin Honda CBR150R dengan kapasitas 150cc, DOHC 4 klep berpendingin air dan tentunya sistem injeksi. Seperti New V-Ixion yang menjadi rivalnya, CB150R Streetfire juga akan dibekali kombinasi speedometer digital dan analog. Suspensi belakang menganut sok tunggal (monoshock) bersistem Prolink. Walau segera akan di publikasikan namun pihak AHM belum konfirmasi kapan akan dipasarkan.
Sumber:
dapurpacu.com